oleh

Penasaran Inilah Kenapa Website Tidak Muncul di Google

Internet merupakan hal yang sudah merambah banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari. Fungsinya pun sudah sangat vital. Terutama akses website. Apalagi bagi pekerja kantor, dunia pendudikan, bahkan pelaku bisnis.

Untuk pelaku bisnis, tentu saja keberadaan sebuah website sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari pekerjaan mereka. Pelaku bisnis juga umumnya akan memiliki website sendiri yang memuat profil dan produk dari perusahaan mereka.

Namun terkadang, ada website yang tidak muncul di Google. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Kenapa website tidak muncul di Google baik website baru atau lama? Berikut penjelasannya.

 

1. Cara Kerja Google

Untuk memahami kenapa website tidak muncul di Google (baik website baru atau lama) sebelumnya kita harus mengerti cara kerja Google.

Anda mungkin mengira, apabila sudah membuat sebuah website, akan langsung muncul di halaman pencarian bukan? Namun ternyata bukan begini cara kerjanya.

 

 

Tahukah Anda berapa pencarian setiap bulannya di Google? Lebih dari seratus miliar.

Nah, coba bayangkan kenapa ini membuat halaman website Anda tidak segera tampil. Jika Anda ingin halaman website Anda muncul di halaman pertama Google, tentunya ini tidak mudah dan instan.

Anda harus menunggu. Namun tentunya harus dibarengi dengan optimasi website Anda secara berkelanjutan dan terus menerus. Pada waktunya nanti, Anda bisa memetik hasilnya.

 

2. Jaringan Yang Amat Luas

Tahukah Anda, berapa banyak jumlah website yang ada di internet? Lebih dari 50 triliun, dan itupun masih bertambah! Sangat luar biasa bukan? Inilah alasan selanjutnya kenapa website tidak muncul di Google (baik website baru atau lama).

Lalu bagaimana website Anda bisa ditemukan nantinya? Nah, rupanya Google memiliki web crawler. Ini adalah semacam robot untuk menelusuri satu persatu jaringan internet.

Nah, tak hanya berhenti sampai di situ. Nantinya pencarian ini akan dikelompokkan berdasarkan beberapa faktor, jenis konten misalnya.

Nah, ini tentunya bukan merupakan proses yang sederhana. Belum lagi masih ada proses lainnya, yaitu pemberian tingkat.

Mulai dari kualitas yang dimiliki suatu website dan halaman, kesegaran konten yang dimiliki suatu website, bahkan hingga penyortiran website yang berisi konten dewasa.

 

3. Arsitektur Website Anda

Alasan lainnya kenapa website tidak muncul di Google (baik website baru atau lama) adalah arsitektur dalam website Anda. Ini berkaitan dengan optimasi website Anda.

Contohnya adalah kata kunci yang akan mempermudah mesin pencari untuk menemukan website Anda.

 

 

Hal lainnya adalah bahwa Anda perlu mengarahkan alamat URL yang mudah untuk dibaca. Nah, Anda bisa menggunakan Google Web-master tool untuk menjaga arsitektur web Anda. Sehingga Anda bisa mengetahui bagian mana di website Anda yang perlu dioptimasi.

 

4. Kurang Populernya Website

Jangan sedih dulu membaca judul poin nomor 4 ini. Salah satu aspek kenapa website tidak muncul di Google (baik website baru atau lama) bisa karena website Anda kurang populer.

Ini bisa dilihat dari sedikitnya pengunjung maupun sedikitnya website Anda disebut di media sosial. Untuk mengubah hal ini, tentu saja Anda harus rajin mempromosikan website Anda. Anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook atau Twitter.

 

5. Kurangnya Update Konten

Nah, ini alasan selanjutnya kenapa website tidak muncul di Google (baik website baru atau lama). Anda jarang memperbarui konten website Anda?

Nah, jangan teruskan hal ini! Anda tentunya harus mengupdate konten website Anda secara terus menerus dan berkelanjutan.

Dan menurut saya jangan sampai orang menilai website Anda (apalagi website usaha) ketinggalan zaman.

Komentar

News Feed