oleh

Pengertian Tentang Hosting dan Domain

5/5 (1)

Anda tentunya sudah akrab dengan dunia internet dan website. Apalagi karena keduanya sudah tidak bisa lagi dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama untuk urusan bisnis, misalnya situs perusahaan yang pastinya akan lebih mudah diakses untuk mencari aneka informasi. Belum lagi jika klien ingin mengetahui terlebih dahulu bisnis Anda sebelum memutuskan untuk bekerja sama atau berlangganan produk. Lalu tentunya Anda sudah sering mendengar tentang hosting dan domain? Keduanya sudah merupakan istilah umum di masyarakat. Apa yang sudah Anda ketahui tentang hosting dan domain? Bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh keduanya atau masih asing tentangnya, berikut informasi-informasinya.

 

1. Apa itu Hosting dan Domain

Lalu apa arti dari dua istilah di atas? Untuk hosting (atau web hosting) sendiri adalah istilah untuk media penyimpan aneka file dan database dari suatu website. Tujuannya agar keduanya bisa diakses melalui internet kapan saja dibutuhkan. Tentunya jika hosting bermasalah atau parahnya lagi sedang down, website Anda tak bisa diakses. Lalu domain adalah nama dari suatu website. Fungsinya adalah sebagai alamat untuk website tersebut. Contohnya adalah mediatelekomunikasi.co.id dan semacamnya.

 

2. Kualitas Layanan Web Hosting

Saat ini sudah banyak yang menyediakan layanan web hosting secara gratis. Tentunya ini akan sangat mendukung berbagai pelaku usaha yang sedang mengembangkan usaha mereka. biasanya kualitas layanan web hosting ini sudah sangat bagus. Uptimenya juga lumayan bagus. Tersedia pula forum dan layanan email yang bisa digunakan. Tentunya pelayanan-pelayanan yang diberikan sudah mendukung akun-akun yang dihosting gratis.

 

3. Antara Web Hosting Gratis dan Berbayar

Seluk beluk hosting dan domain selanjutnya adalah layanan web hosting. Ada layanan web hosting gratis dan ada pula yang berbayar. Mana yang sebaiknya Anda pilih untuk digunakan? Bagi Anda pelaku usaha kecil atau yang memiliki proyek kecil, web hosting gratis lebih disarankan untuk dipilih. Untuk kualitas layanannya pun sudah sangat bagus dan mendukung. Meskipun demikian bila Anda ingin membangun situs web yang benar-benar bagus dan berjangka panjang, pilihan ini tidak disarankan. Web hosting gratis memiliki kelemahan antara lain pelaporan statistik hingga monetisasi. Fiturnya tentu lebih minim daripada web hosting berbayar.

 

4. Nama Domain dan Nama Bisnis

Tentunya Anda pelaku bisnis bila ingin membuat sebuah domain harus memiliki korelasi dengan nama bisnis Anda. Ini agar pelanggan maupun klien bisa dengan mudah menemukannya. Misal Anda memiliki usaha jual beli rumah, Anda bisa membuat domain jualbelirumah atau yang sejenisnya. Ini akan menghubungkan domain dan nama usaha Anda. Tidak harus sama persis dengan nama usaha Anda, namun usahakan domainnya memiliki nama yang serupa.

 

5. SEO

Sudah merupakan hal umum bahwa SEO (Searh Engine Optimization) merupakan hal yang penting. Ini hal yang perlu Anda ketahui juga mengenai seluk beluk hosting dan domain. Walaupun demikian rupanya SEO tidak begitu penting. Memang SEO memuat kata kunci yang bisa mengarahkan pengunjung pada website Anda. Namun sebenarnya yang lebih penting adalah tingginya kualitas situs Anda. Dalam hal ini adalah fungsinya serta seberapa responsifnya situs Anda. Selain itu kadang jika mengunjungi suatu situs, pengunjung lebih memperhatikan kualitasnya daripada hal-hal lainnya. Apalagi SEO, di mana banyak orang menemukan bahwa hal itu bukanlah fokus yang utama ketika mengakses suatu situs.

 

Nah sekian dulu semoga artikel ini bermanfaat buat Anda…

Apakah artikel ini dapat membantu kamu?

Komentar

News Feed