oleh

Cara Memulai Ngeblog dengan WordPress.com

Ini adalah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Blog WordPress Gratis di WordPress.com. Dan kali ini akan saya lanjutkan bagaimana cara memulai ngeblog di WordPress.com

 

 

1. Mengelola Halaman Statis

Nah pada tahap awal yang anda lakukan adalah mengedit halaman statisnya terlebih dahulu seperti halaman utama (home), halaman kontak, tentang, dan atau membuat halaman baru sesuai ke inginan anda sendiri.

Membuat Pos Halaman Di WordPress

 

  • Perhatikan pada gambar diatas klik menu Halaman Situs
  • Kemudian pilih halaman mana yang akan anda edit. Misalnya halaman utama (home). Klik pada icon 3 titik dan klik sunting

 

 

  • Selanjutnya anda tinggal edit dan menambahkan text sesuai ke inginan anda. Penyuntingan pada blog wordpress hampir sama dengan anda mengetik di Ms. Word seperti membuat garis tebal, garis miring, rata kanan, kiri atau rata tengah dan sebagainya.

  • Jika ingin menyisipkan gambar pada bagian artikel, cukup klik tombol + Tambah dan pilih gambar yang sudah ada, atau menambahkan gambar yang baru.
  • Mengganti gambar thumbnail atau gambar utama, anda cukup klik pada menu disamping kanan pada bagian tab Gambar Fitur hapus gambar yang sudah ada, kemudaian klik tombol Buat Gambar Utama
  • Anda juga dapat mengatur Atribut Halaman, Tombol Berbagi dan lainnya.
  • Klik tombol Pratinjau untuk melihat terlebih dahulu tampilannya sebelum anda publish. Namun jika anda sudah merasa pas dan siap untuk dipublikasikan klik tombol Publikasikan untuk menampilkan postingan halaman yang telah anda buat atau anda edit agar dapat dilihat oleh pengunjung blog anda nantinya.

Nah begitu juga dengan halaman yang lainnya yang dapat anda edit. Untuk menambahkan halaman baru, anda cukup mengklik tombol Tambah pada menu Halaman Situs

 

 

2. Menambahkan Pos Blog untuk Artikel

  • Untuk membuat artikel atau menambahkan artikel pada blog anda, silkan pilih menu Pos Blog > klik Tambah dan mulailah untuk menambahkan tulisan pertama anda.
  • Kemudian klik tombol gerigi seperti pada gambar dibawah ini untuk memunculkan fungsi pengaturan postingan blog anda.

Cara Membuat Pos Blog di WordPress

 

  • Pada pos blog, anda harus menambahkan / membuat kategori baru. Yang dimana kategori adalah sebagai folder dari semua artikel yang anda kaitkan dengan kategori tertentu.
  • Tambahkan juga Tag, yang berfungsi sebagai kata kunci dari artikel yang anda buat. Buatlah tag lebih dari satu, namun harus berhubungan dengan tulisan yang anda buat.
  • Tambahkan gambar utama sebagai gambar thumbnail. Caranya sama seperti menambahkan gambar fitur pada halaman statis
  • Menyisipkan gambar pada bagian artikel juga sama dengan menyisipkan gambar di halaman dengan cara klik tombol + Tambah > Media dan pilih gambar yang akan disisipkan atau tambah gambar baru.
  • Dan opsi lainnya yang dapat anda atur sesuai ke inginan anda.

 

 

3. Menyesuaikan Tema

Pada bagian ini adalah untuk mengatur dan menyesuaikan tampilan blog Anda.

  • Pada menu Tema klik tombol Sesuaikan dan anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah ini.
  • Klik pada bagian Identitas Situs disini anda dapat mengedit Judul Situs Anda, menambahkan slogan, dan manambahkan gambar ikon

Menyesuaikan Tema

 

 

  • Warna & Latar Belakang : bagian ini anda dapat mengatur warna tampilan blog Anda sendiri
  • Anda juga dapat mengatur Font, Gambar Tajuk
  • Menu : bagian ini anda dapat menambahkan fungsi menu dan sub menu pada header blog anda, seperti pada gambar dibawah ini. Caranya cukup klik drag and dorp (tarik dan geser). Untuk cara menambahkan menu akan saya kupas di artikel khusus.

menu

  • Opsi Konten : dibagian ini Anda dapat mengatur tampilan pos blog apakah ingin pos penuh atau hanya kutpian saja, dan fungsi lainnya.
  • Widget : Untuk menambahkan widget anda cukup menarik dan meletakkannya sesuai kemauan anda, apakah ingin meletakkan di sidebar, atau di bagian footer.
  • Dan beberapa setingan lainnya yang bisa anda atur sendiri. Disini tidak akan saya jelaskan.

Catatan : Tidak semua tema pengaturan / settingannya sama, bisa saja berbeda tergantung dengan tema yang anda gunakan.

 

 

4. Mengganti Tema WordPress

  • Pilih menu Tema Kemudian pilih tema gratis saja
  • Cari tema yang disukai, klik 3 titik dan pilih Aktifkan
  • Dan selanjutnya tinggal menyesuaikan saja dengan beberapa setingan pada tema yang baru Anda pilih.

Cara Mengganti Tema WordPress

 

5. Menautkan Sosial Media & Tombol berbagi

Jika anda ingin mengaktifkan tombol berbagi dan menautkan akun sosial media anda dengan wordpress, Anda dapat mengaturnya di bagian menu Berbagi dan pilih tab Koneksi untuk menautkan sosial media yang anda punya.

Jika ingin menampilkan tombol berbagi pilih tab Tombol Berbagi dan pilih tombol berbagi yang ingin Anda tampilkan atau anda gunakan untuk blog Anda

Menghubungkan Sosial Media ke WordPress

 

 

6. Plugin

Pada wordpress.com Anda tidak dapat menambahkan plugin. Untuk dapat menggunakan plugin Anda harus upgrade ke wordpress premium / berbayar.

Atau anda bisa menggunakan WordPress self hosted dimana yang Anda butuhkan adalah membeli hosting dan domain. Dimana Anda dapat mengontrol dan melakukan banyak perubahan sepenuhnya pada WordPress Anda.

Untuk memilih hosting dan domain saya sudah pernah membahasnya silakan baca lagi disini Daftar Hosting Indonesia Terbaik

 

 

7. Pengaturan WordPress

Pada menu pengaturan disini anda dapat mengatur blog WordPress anda seperti mengganti Judul / Nama Blog Anda (bukan alamat url blog), menambahkan slogan

Anda juga dapat menambahkan domain kustom misalnya menggunakan .com/.net/.org atau lainnya. Namun untuk menggunakan domain kustom anda harus membayar, dan Anda dapat membelinya langsung dengan menggunakan kartu kredit atau paypal.

Pengaturan Umum

 

Kemudian anda juga dapat menambahkan bahasa dan zona waktu untuk situs blog Anda.

WordPress juga menyediakan pengaturan privasi pada blog Anda, apakah Anda ingin menggunakan blog untuk umum yang dimana semua konten artikel dapat dilihat oleh pengunjung blog.

Atau anda dapat memilih pengaturan privasi tersembunyi jika Anda tidak menginginkan mesin pencari seperti google, bing, yahoo, dan lainnya untuk mengindeks halaman situs anda.

 

 

Sedangkan jika Anda memilih pengaturan Privat, maka blog Anda tidak dapat dilihat oleh siapa saja, kecuali Anda telah menyetujui para pengguna untuk dapat melihat situs blog Anda.

Serta anda juga dapat mengatur yang lainnya pada tab Tulisan, Diskusi dan Lalu Lintas. Dan jangan lupa untuk selalu menyimpan jika Anda telah melakukan perubahan.

Nah demikian tutorial singkat tentang bagaimana cara membuat situs blog di wordpress.com. Dan jika Anda tertarik ingin membuat situs wordpress lebih kompleks Anda bisa menggunakan jasa saya untuk membuat situs wordpress disini

Komentar

News Feed