oleh

Antara HTTP atau HTTPS Mana yang Lebih Dulu di Indeks Google?

No ratings yet.

Internet sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir tidak ada hari tanpa mengakses internet. Di manapun, kapan pun. Anda tentunya sudah akrab berselancar di dunia internet bukan? Lalu sudah sering melihat bahwa alamat internet memiliki tulisan HTTP atau HTTPS di depannya bukan?

Nah, lalu apa yang sudah Anda ketahui tentang keduanya? Apakah Anda sering bertanya-tanya, di antara HTTP atau HTTPS mana yang lebih dulu di indeks Google? Tidak hanya Anda satu-satunya yang bingung memikirkan hal tersebut. Mari kenali lebih dalam di bawah ini agar memahami lebih jelas antara keduanya.

 

1. Apa itu HTTP?

Nah sebelum membahas di antara HTTP atau HTTPS mana yang lebih dulu di indeks Google, kenali dulu HTTP dan HTTPS. HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Ini adalah sistem komunikasi yang menghubungkan client dengan server.

Client yang dimaksud adalah browser yang dipakai untuk membuka suatu halaman website. Sehingga akan memungkinkan komunikasi dan pertukaran informasi keduanya. Nah, http:// adalah standar umum untuk mengakses sebuah halaman website. Nah tentunya karena http:// merupakan standar umum, kebenayakan orang lebih akrab dengannya daripada dengan https://.

 

 

2. Apa itu HTTPS?

Lalu, apa itu HTTPS? Mungkin Anda jarang menemui halaman website dengan https://? Apa bedanya dengan http://? Nah, HTTP adalah gabungan HTTP dan SSL atau TLS protokol. Perbedaan dengan HTTP adalah, saat menggunakan HTTPS, semua interaksi antara client dan server akan dienkripsi.

Ini untuk mengamankan data yang keluar dan masuk saat terjadinya komunikasi antara client dan server. Inilah mengapa format HTTP lebih mudah diserang hacker daripada HTTPS. Inilah perbedaan yang membuat HTTPS lebih unggul dibanding dengan HTTP. Karena lebih aman dari hacker, tentunya https:// memang lebih unggul jika disandingnkan dengan http://.

 

3. Lalu, di antara HTTP Aaau HTTPS mana yang lebih dulu di Indeks Google

Sekarang berlanjut ke bahasan berikutnya, yaitu di antara HTTP atau HTTPS mana yang lebih dulu di indeks Google? Nah untuk menjawab pertanyaan ini, terlebih dahulu kita melihat pernyataan yang dikeluarkan oleh Google di blog resminya. Pernyataan ini bisa Anda akses di:

https://webmasters.googleblog.com/2015/12/indexing-https-pages-by-default.html.

Di dalamnya pihak Google menyatakan bahwa HTTPS akan dijadikan format default untuk mengindeks sebuah halaman website. Sehingga sistem pengindeks akan mencari lebih dulu halaman HTTPS dibanding HTTP. Walaupun jika ada dua URL dari domain sama, akan tetap didahulukan HTTPS yang diindeks. Ini karena keduanya disajikan dalam format protokol yang berbeda. Jadi kesimpulannya, HTTPS lebih SEO friendly.

Sebelumnya Anda harus melihat dulu kondisi untuk menampilkan HTTPS:

  • Tidak adanya kandungan dependensi yang tidak aman di dalamnya.
  • Crawling tidak diblokir dengan robot.txt.
  • Pengunjung tidak diarahkan menuju atau dari halaman HTTP yang ternyata tidak aman.
  • Tidak adanya link rel=“canolical” ke halaman HTTP.
  • Tidak adanya on-host outlink menuju ke sebuah URL HTTP.
  • Adanya daftar URL HTTPS di sitemapnya. Dalam artian, tidak adanya daftar HTTP.
  • Sertifikat TLS valid yang dimiliki oleh server.
  • Mengacu ke poin pertama, tidak adanya gambar tidak aman, video, dan lain sebagainya.

Mengapa semua itu perlu? Ini karena Google mengupayakan agar sebuah website aman. Sekarang Anda tidak bingung lagi bukan mengenai di antara HTTP atau HTTPS mana yang lebih dulu di indeks Google?

 

 

Apakah artikel ini dapat membantu kamu?

Komentar

News Feed