oleh

Apa Itu Facebook Ads dan Apa Keuntungannya?

Anda tentunya sudah akrab dengan Facebook bukan? Ya, sebagai salah satu media sosial yang terpopuler (bahkan bisa dibilang yang terpopuler) banyak orang memanfaatkannya. Selain itu Facebook juga populer bagi komunitas atau suatu fan page. Facebook menghubungkan orang-orang, menghadirkan momen secara langsung, dan banyak lagi.

Facebook bahkan bisa dimanfaatkan untuk membuat catatan lewat fitur notes. Juga media berbagi pendapat dan informasi. Keberadaan Facebook sudah begitu beragam banyak aspek dalam kehidupan para warganet. Tidak ada sehari tanpa berselancar sejenak di media sosial yang satu ini. Lalu, pernahkah Anda mendengar tentang Facebook Ads? Apa itu Facebook Ads? Salah satu fitur yang tersedia di Facebook adalah Facebook Ads.

 

1. Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads terdiri dari dua kata, Facebook dan ads atau iklan. Jadi secara harfiah ini merujuk pada iklan Facebook. Definisi lengkapnya adalah fitur atau fasilitas untuk beriklan yang disediakan oleh Facebook. Fitur ini dipergunakan untuk memasang iklan atau mempromosikan suatu bidang usaha melalui Fan Page. Pembuat iklan bisa mengatur iklan yang nantinya akan dipasang dan selalu bisa memantaunya.

 

 

2. Mengapa Facebook Ads?

Setelah tahu apa itu Facebook Ads, tahukah Anda bahwa Facebook adalah media sosial yang paling banyak dipergunakan oleh warganet? Tak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia? Ya, Facebook masih menjadi media sosial yang sangat kuat karena banyaknya orang yang mengaksesnya setiap hati. Tentu saja hal ini sangat berguna sebagai media beriklan yang efektif bagi para pebisnis. Ada lebih dari 1 miliar pengguna Facebook di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Bahkan untuk wilayah Indonesia sendiri ada lebih dari 50 juga pengguna Facebook. Apalagi Facebook sangat mudah digunakan dan bisa diakses berbagai kalangan umur. Tentunya Anda bisa membayangkan berapa luas jangkauan iklan melalui Facebook Ads nantinya bukan? Dilihat dari sisi bisnis, itu tentu saja memungkinkan karena ada jutaan orang mengakses Facebook setiap harinya.

 

3. Facebook Ads sebagai sarana berbisnis

Lalu bagaimana cara penggunaan Facebook Ads? Nah, Anda sebagai pebisnis bisa membuat fan page. Nantinya fan page ini akan digunakan sebagai media penyaluran informasi bisnis Anda. Anda bisa memantau sebanyak apa orang yang mengikuti Fan Page Anda melalui likes yang diberikan.

Jika sebuah Fan Page memiliki likes yang banyak tentu saja ini akan memberi dampak yang bagus. Coba bayangkan, jika Anda di posisi pengunjung suatu Fan Page. Apakah Anda tertarik dengan FanPage dengan likes banyak atau likes sedikit? Nah, bukankah jumlah likes akan sangat berpengaruh?

 

4. Facebook Ads dan Google Adwords

Apakah Anda tahu tentang Google Adwords? Nah sama seperti Facebook Ads, Google Adwords adalah platform pengiklanan yang berasal dari Google. Sebagai sarana pengiklanan, Facebook Ads bahkan sudah bisa disandingkan dengan Google Adwords. Namun tentu saja Facebook Ads memiliki kelebihan tersendiri.

Ada tingkat target yang ingin dituju (hal ini lebih spesifik) dan tentu saja bahwa iklan Anda berpeluang bisa menjadi viral. Apalagi Facebook memiliki jumlah pengguna dan pengunjung yang sangat banyak. Plus kelebihan lainnya adalah beriklan di Facebook memiliki harga yang cukup terjangkau.

 

5. Klasifikasi target

Sebagai seorang pebisnis tentu saja Anda harus membuat target. Antara lain umur, jenis kelamin, daya beli bahkan jenjang pendidikan. Contohnya jika Anda memiliki usaha hijab. Anda bisa menargetkan kalangan wanita muda hingga menengah dengan usia 17 hingga 30 tahun. Hal yang bisa menjadi pertimbangan adalah biasanya para wanita di rentang umur tertentu memiliki kegemaran lebih dalam berbelanja.

Komentar

News Feed